Budaya Oraganisasi
Budaya organisasi yaitu persepsi, yang menjadi suatu sistem
lalu kemudian di share. Menggambarkan bagaimana organisasi dan budaya tersebut
dan mempunyai karakteristik yang bagaimana pula. Bagaimana budaya tersebut bisa
berjalan efektif? Atau bahkan tidak berjalan efektif. Apa yang menyebabkan
suatu organisasi bisa bertahan sangat lama? Bagaimana pula budaya atau
organisasi itu bisa di transformasikan dari organisasi tersebut kepada
anggota-anggota baru?
Budaya organisasi memiliki beberapa karakteristik,
diantaranya adalah inovasi dan resiko, memperhatikan hal-hal detail dalam
organisasi atau budaya itu sendiri, berorientasi pada hasil, cenderung pada
kesejahteraan dalam kelompok dan lingkungan, mempunyai team orientasi dan
gotong royong untuk membantu satu sama lain, melambangkan kelompoknya seperti
memiliki “tos”, tentunya bertahan dan berkesinambungan.
Budaya ialah sebuah perilaku yang diformalisasikan (aktivitas
ritual) terdiri atas Dominant Culture
yaitu sebuah budaya dalam sebuah kelompok. Ada yang minoritas dan mayoritas. Subcultures contohnya seperti memiliki cabang
atau keunikan tersendiri. Core Values nilai-nilai
inti atau nilai-nilai yang disepakati oleh kelompok. Strong Culture sulit untuk diubah.
Fungsi Culture
1. Menjadi nomer 1 dalam kelompok.
2. Ada perasaan memiliki atau rasa
bangga dalam kelompok.
3. Meningkatkan apa yang diyakini dan
melebur dalam kelompok. Meninggalkan yang negatif.
4. Komunitas ini bisa mendukung
stabilitas yang ada. Satu bagian penguat social yang ada.
5. Memastikan kelompok tersebut bisa
terkontrol agar budaya tersebut bisa tetap bertahan dan terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar