Senin, 11 April 2016

Psikodiagnostik #4

Definisi Intelegensi

Alfred Biner mendefinisikan intelegensi sebagai “the tendency to take and maintain a definite direction; the capacity to make adaptations for the pupose of attaining a desired end, and the power of autocriticism yaitu kecenderungan untuk mengambil dan mempertahankan arah yang pasti; kapasitas untuk membuat adaptasi untuk tujuan mendapatkan akhir yang diinginkan, dan kekuatan autocriticism". Tes intelegensi digunakan untuk berbagai tujuan, yaitu Untuk membantu dalam menentukan bakat, lalu untuk menilai keterbelakangan mental. Kemudian untuk mengenali jenis tertentu dari ketidakmampuan belajar. Selanjutnya untuk menilai kemampuan intelektual setelah kecelakaan, timbulnya demensia dll.

Tes Intelegensi Individual

David Wechsler, seorang pikologi di Bellevue Hospital di New York. Ia memulai membuat tes pada tahun 1932. Tes Wechsler pertama, bernama Scales Wechsler-Bellevue Intelligence yang diterbitkan pada tahun 1939. Dalam membahas dasar pemikiran untuk tes barunya, Wechsler (1941)menjelaskan bahwa instrumen yang ada seperti Stanford-Binet sangat tidak memadai untuk menilai kecerdasan orang dewasa

Tes Intelegensi Kelompok

Tes intelegensi kelompok yang pertama kali digunakan pada awal abad kedua puluh di Amerika Serikat.Meskipun demikian, asal-usul instrumen ini dapat ditelusuri dengan upaya psikolog Eropa abad kesembilan belas. Ada beberapa perbedaan antara tes idividu dengan tes kelompok yaitu pilihan ganda dibandingkan, scoring yang objektif terhadap pemeriksa scoring, kelompok terhadap administrasi individual, aplikasi terhadap perencanaan perbaikan dan besar dibandingkan sampel standarisasi hanya besar.

Multidimensi Aptitude Battery (MAB) adalah suatu tes intelegensi kelompok yang berbasis pilihan ganda yang di desain seperti sebuah kertas dan pensil dalam kedudukan yang seimbang. Cognitive abilities (COGAT) adalah salah satu baterai tes terbaik berbasis sekolah yang digunakan saat ini (Lohman & Hargen, 2001). Revisi terbaru dari tes dirlis pada tahun 2001. Raven Progressive Matrices (PRM) awalnya dirancang untuk menghitung ukuran faktor g Spearman. Untuk alasan ini, Raven memilih format khusus untuk tes yang mungkin diperlukan latihan g.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar